Meningkatkan keterlibatan pengunjung secara dramatis

Meningkatkan keterlibatan pengunjung secara dramatis

Meningkatkan Keterlibatan Pengunjung

Salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan sebuah usaha adalah evaluasi. Ya. Anda perlu mengevaluasi kinerja dari usaha anda. Termasuk juga dengan website anda. Anda perlu mengevaluasi keterlibatan pengunjung di website anda.

Baca juga : Meningkatkan Pengunjung menggunakan SEO

Mungkin selama ini anda sudah melakukan banyak hal positif untuk website anda. Tapi jangan lupa, terkadang kita masih melakukan kesalahan kecil yang  memiliki dampak besar terhadap pertumbuhan website kita.

Evaluasi adalah jawaban atas pertanyaan. Bagaimana cara memperbaiki website anda secara konsisten dari waktu ke waktu.

Untuk menjawab apakah website anda sudah memiliki kinerja sesuai dengan harapan anda, maka anda perlu menjawab satu pertanyaan lagi

Apa tujuan anda membuat website?

Apakah anda membuat sebuah website untuk meningkatkan penjualan, memperbanyak pengunjung untuk mengisi formulir online anda, mendorong pengunjung untuk menghubungi anda atau anda menginginkan orang-orang ikut berpartisipasi mempromosikan website anda.

Memang anda sedikit berfikir mundur. Coba lihat dan pelajari lagi, mengapa bisnis anda membutuhkan website ini.

Setelah anda memahami dengan baik, apa tujuan dari website ini dibuat, maka langkah selanjutnya adalah berupaya supaya design website anda mendukung dalam pencapaian tujuan tersebut.

Contoh:

Jika anda ingin setiap pengunjung membeli barang yang anda tawarkan, mungkin alur pengunjung yang anda inginkan seperti ini. Pengunjung diarahkan ke homepage >> halaman produk >> penjelasan lengkap tentang produk >> halaman pemesanan dan seterusnya.

Biasanya alur pengunjung tersebut disebut dengan Conversion Funnel. Kunci keberhasilannya adalah meningkatkan dan mengoptimalkan setiap bagian dari alur pengunjung tersebut.

Jika kita mengasumsikan 40% dari pengunjung anda melanjutkan membaca halaman produk kemudian dari 40% yang membaca halaman produk tersebut 20% nya melanjutkan ke halaman penjelasan lengkap, dari 20% yang membaca halaman produk 10% nya melanjutkan ke halaman pemesanan. Kemudian hanya 3% dari 10% yang menyelesaikan formulir pemesanan.

Nah, berdasarkan uraian diatas, maka bisa kita simpulkan tingkat konversinya hanya 3% (cukup bagus).

Jika website anda memiliki pengunjung harian sebesar 1000 pengunjung, berarti 3% x1000 =30 pengunjung berhasil anda konversi menjadi pembeli. Jika anda menjual produk dengan harga rata-rata 150 ribu/produk maka omset anda perhari sekitar 30 x 150 ribu = 4,5 juta perhari atau sekitar 112,5 juta perbulan.

Bayangkan jika anda bisa meningkatkan dan mengoptimalkan masing-masing bagian dari funnel hingga 10%, berapa peningkatan penjualan yang akan anda dapatkan.

Sekarang sudah kebayangkan betapa pentingnya meningkatkan konversi dari masing-masing funnel.

Namun, sangat disayangkan, kita seringkali abai dengan yang satu ini. Kalaupun kita berusaha untuk meningkatkan konversi, biasanya kita hanya meningkatkan konversi secara keseluruhan. Padahal meningkatkan konversi perbagian funnel sangat berbeda dengan meningkatkan konversi secara keseluruhan.

Lalu, apa yang mempengaruhi tingkat konversi di website anda?

Banyak sekali yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah:

  • Jenis teks yang anda gunakan
  • Ukuran teks yang anda gunakan
  • Gambar yang anda gunakan
  • Tatak letak website anda
  • Warna website dan warna latar belakangnya

Perlu dicatat, tidak ada ilmu pasti disini. Tidak riset yang bisa memastikan bahwa ukuran huruf tertentu akan meningkatkan konversi untuk semua jenis pengunjung. Oleh karena tidak ada kepastian, maka yang harus anda lakukan adalah selalu mengukur dari setiap perlakuan yang anda berikan pada setiap bagian funnel. Bisa harian, mingguan maupun bulanan.

Singkatnya, secara individu halaman funnel sangat menentukan.

Jika anda berhasil mengoptimalkan semua bagian halaman funnel dengan baik, maka anda akan melihat hasil yang sangat memuaskan.

Itulah beberapa evaluasi yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kinerja dari website anda. Terutama terkait dengan persentase konversi. Mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *